35 Soal dan Jawaban Ujian SD Kelas 5 PTS Indonesia Semester 2
K.D. 3.3
Pada hari yang sangat panas, kaca jendela rumah dapat pecah. Pecahnya kaca
terjadi karena kaca memuai. Jika ruang pada bingkai jendela tidak cukup untuk
memuat pemuaian ini, maka bingkai akan menahan pemuaian kac Akibatnya kaca
dapat pecah. Untuk mengatasi masalah ini, maka ukuran bingkai kaca jendela
didesain sedikit lebih besar daripada ukuran kaca pada suhu normal.
Kesimpulan dari teks tersebut adalah . . . .
- bingkai yang kecil menahan pemuaian kaca
- kaca dan ukuran bingkai harus dibuat sama
- kaca memuai menyebabkan kaca pecah
- kaca yang memuai dapat pecah jika ukuran bingkai tidak dibuat lebih besar dari ukuran kaca
- deskripsi
- eksplanasi
- eksposisi
- narasi
Selain matahari dan gesekan antara dua benda, energi panas juga dapat diperoleh dari api. Pada zaman dahulu, orang mendapatkan api dengan cara menggosokkan dua buah batu yang kering sampai keluar percikan api. Selain itu nenek moyang kita dahulu menggunakan kayu kering lalu digosok-gosokkan dengan tanah yang kering sampai keluar api. Ternyata gesekan dua benda antara dua batu kering dan gesekan antara dua kayu kering dapat menghasilkan energi panas berupa api. Saat ini api mudah dihasilkan dari korek api dan korek gas.
- interpretasi
- kalimat penjelas
- pernyataan umum
- urutan sebab akibat
Energi panas matahari dapat menerangi bumi sehingga udara di bumi menjadi hangat. Dalam kehidupan sehari-hari, energi panas matahari dimanfaatkan dalam berbagai kegiatan manusi Misalnya, panas matahari digunakan untuk mengeringkan padi setelah dipanen, mengeringkan kayu bakar, mengeringkan pakaian yang basah, dan lain sebagainy
- hubungan sebab-akibat
- pilihan
- penambahan
- perlawanan
- permintaan
- pengumuman/pemberitahuan
- penawaran
- layanan masyarakat
- aktif
- apotek
- enerji
- objek
- Kiriman dari ayah sudah saya terim
- Mobil paman baru.
- Paman mobilnya baru.
- Saya sudah terima kiriman dari ayah.
- memakai kata atau kalimat persuasif untuk membeli sebuah produk
- memberikan penawaran berupa sebuah jasa
- memberikan motivasi
- menjelaskan sebuah produk
Benda mati dan makhluk hidup saling memengaruhi antara satu dengan yang
lainny Bahkan, antara keduanya saling berkaitan. Salah satu bentuk hubungan
antara benda mati dan makhluk hidup adalah jenis tanah, suhu, dan curah hujan
di suatu tempat dapat memengaruhi jenis tanaman yang tumbuh dan hewan yang
berkembang di daerah tersebut.
Kata kunci teks di atas adalah . . . .
- benda mati dan makhluk hidup saling memengaruhi
- curah hujan memengaruhi jenis tanaman yang tumbuh
- jenis tanah memengaruhi jenis tanaman yang tumbuh
- suhu memengaruhi jenis hewan yang berkembang
- Saya tidak suka buah jeruk dan buah apel.
- Saya tidak suka buah jeruk tetapi buah apel.
- Saya tidak suka buah jeruk dan apel.
- Saya tidak suka buah jeruk juga apel.
- menyampaikan pemikiran penulis kepada pembaca dengan tepat
- menimbulkan kesalahan dalam penafsiran
- mudah dipahami oleh pembaca
- sistematis dan tidak bertele-tele
- kepaduan pernyataan
- memiliki kesamaan bentuk kata yang digunakan
- tepat dalam memilih kata
- tidak menggunakan kata-kata yang tidak perlu
- efektif
- penjelas
- tambahan
- utama
Kehidupan Nelayan Pemburu Paus
Masyarakat nelayan di desa Lamalera, memiliki tradisi berburu paus yang telah
diturunkan bertahun-tahun oleh nenek moyang merek Tidak sembarang paus yang
mereka buru, hanya paus yang sudah tua saja yang mereka buru. Jika mereka
menemukan paus muda, masyarakat nelayan di desa ini akan mengembalikannya ke
laut lepas. Mereka pun bersepakat secara adat bahwa dalam setahun, tidak boleh
lebih dari 15 paus yang mereka buru. Dengan demikian, mereka tetap menjaga
agar paus tidak punah.
- tidak sembarang paus yang mereka buru.
- mereka pun bersepakat secara adat bahwa dalam setahun, tidak boleh lebih dari 15 paus yang mereka buru.
- mereka tetap menjaga agar paus tidak punah.
- masyarakat nelayan di desa Lamalera, memiliki tradisi berburu paus yang telah diturunkan bertahun-tahun oleh nenek moyang merek
- masyarakat nelayan desa Lamalera hanya memburu paus yang tua saja untuk menjaga agar paus tidak punah
- mereka bersepakat secara adat bahwa dalam setahun tidak boleh lebih dari 15 paus yang mereka buru
- masyarakat nelayan di desa Lamalera, memiliki tradisi berburu paus yang telah diturunkan bertahun-tahun oleh nenek moyang mereka
- dengan demikian, mereka tetap menjaga agar paus tidak punah
16.Kebiasaan mencontek justru akan memadamkan semangat belajar. Para pencontek biasa berpikir untuk menyiapkan bahan-bahan untuk membuat contekan, nilai yang diperoleh pun kadang lebih bagus dari siswa yang jujur. Nilai boleh saja bagus, namun sebenarnya ia tidak tahu apa-apa dan tidak ada apa-apany Ilmu pengetahuannya tidak pernah bertambah karena rajin mencontek. Lalu apa bedanya dengan mereka yang tidak pernah sekolah?
- kebiasaan mencontek dapat memadamkan semangat belajar
- kebiasaan mencontek dapat merugikan jati diri pelajar
- kebiasaan mencontek dapat memadamkan semangat belajar karena hanya sibuk membuat contekan, tidak memiliki pengetahuan, dan tidak ada bedanya dengan mereka yang tidak sekolah
- tidak sepantasnya seorang pelajar mencontek karena mencotek akan membuat bodoh
KD 3.5
Mulai abad XV, bangsa Eropa berusaha melakukan penjelajahan samudr Bangsa Eropa yang pertama melakukan penjelajahan dan penjajahan di Indonesia adalah bangsa Portugis. Kapal mereka pertama kali mendarat di Malaka pada tahun 1511. Berikutnya ialah bangsa Spanyol yang mendarat di Tidore, Maluku pada tahun 1521. Kemudian, disusul oleh bangsa Inggris dan Beland Kapal-kapal Belanda pertama kali mendarat di Pelabuhan Banten pada tahun 1596.
- Apa tujuan bangsa Eropa melakukan penjelajahan?
- Bagaimana keadaan bangsa Indonesia pada saat dijajah oleh Portugis?
- Berapa kapal yang mendarat di Pelabuhan Banten?
- Kapan bangsa Portugis mendarat di Indonesia?
- sebab atau alasan terjadinya suatu peristiwa
- orang atau subjek
- keadaan atau kejelasan tentang suatu hal
- benda, keadaan, atau perbuatan
- apa
- bagaimana
- kapan
- mengapa
- Apa yang dilakukan Mohammad Yamin?
- Kapan Sumpah Pemuda terjadi?
- Mengapa Mohammad Yamin menulis teks Sumpah Pemuda?
- Siapakah yang menulis teks Sumpah Pemuda?
Seperti yang kita tahu, penularan Covid-19 tidak mengenal batasan usi Siapa saja bisa terinfeksi. Namun orang tua lanjut usia (lansia) lebih rentan untuk menderita sakit parah. Terutama orang-orang dengan kondisi medis yang sudah ada sebelumnya, seperti asma, diabetes, penyakit jantung, atau tekanan darah tinggi. Lansia menjadi kelompok rentan sebab menurunnya sistem kekebalan tubuh seiring usi Sejalan dengan pertambahan usia, tubuh akan mengalami berbagai penurunan akibat proses penuaan.
- Sejalan dengan pertambahan usia, tubuh akan mengalami berbagai peningkatan imun.
- Penularan Covid-19 tidak mengenal batasan usi
- Orang tua lanjut usia lebih rentan untuk menderita sakit parah.
- Lansia menjadi kelompok rentan sebab menurunnya sistem kekebalan tubuh seiring usi
- uluran
- mudah terkena
- kebal penyakit
- alat yang mempunyai tugas
- aktip
- bis
- risiko
- tehnik
Peristiwa Menjelang dan Sesudah Pembacaan Teks Proklamasi
Setelah mendengar berita bahwa Jepang menyerah kepada sekutu, bangsa Indonesia
mempersiapkan dirinya untuk merdek
Perundingan-perundingan diadakan di antara para pemuda dengan tokoh-tokoh tua, mau pun di antara para pemuda sendiri. Walaupun demikian, antara tokoh pemuda dan golongan tua sering terjadi perbedaan pendapat. Akibatnya, terjadilah “Peristiwa Rengasdengklok”. Pada tanggal 16 Agustus pukul 04.00 WIB, Bung Hatta dan Bung Karno beserta ibu Fatmawati dan Guntur Soekarno Putra dibawa pemuda ke Rengasdengklok agar tidak terpengaruh oleh Jepang. Tujuannya mendesak golongan tua untuk segera memproklamirkan kemerdekaan Indonesi
Setelah melalui perdebatan yang ditengahi oleh Ahmad Soebarjo, menjelang malam hari kedua tokoh, Bung Hatta dan Bung Karno akhirnya kembali ke Jakart Rombongan Soekarno-Hatta sampai di Jakarta pada pukul 23.00 WIB. Soekarno dan Hatta bersama rombongan lainnya menuju rumah Laksamana Maeda di Jalan Imam Bonjol No. 1 Jakarta (tempat Ahmad Soebardjo bekerja). Di tempat itu, mereka merumuskan teks Proklamasi Kemerdekaan Indonesi
Perumusan sampai dengan penandatanganan teks Proklamasi Kemerdekaan baru selesai pada pukul 04.00 WIB, dini hari pada tanggal 17 Agustus 1945. Pada saat itu juga disepakati bahwa Teks Proklamasi akan dibacakan di halaman rumah Ir. Soekarno di Jalan Pegangsaan Timur 56 Jakarta pada pukul 10.00 WIB.
- karena sering terjadi perbedaan pendapat
- membantu penyusunan teks Proklamasi
- supaya tidak terpengaruh oleh Jepang
- untuk menjaga keamanan keluarga Bung Hatta dan Bung Karno
- 15 Agustus 1945
- 16 Agustus 1945
- 17 Agustus 1945
- 18 Agustus 1945
- Jalan Pegangsaan Timur 56 Jakarta
- Jalan Imam Bonjol nomor 1 Jakarta
- Di rumah Bung Hatta
- Di rumah Ahmad Soebardjo
- Apa yang dilakukan Bung Hatta dan Bung Karno di Rengasdengklok?
- Kapan terjadinya Proklamasi Kemerdekaan Indonesia?
- Mengapa para pemuda dan golongan tua merumuskan Teks Proklamasi di rumah Laksamana Maeda?
- Siapa yang menengahi perdebatan antara tokoh pemuda dan golongan tua?
- janji atau sumpah
- kelompok kerja sama antarorang
- pertemuan besar wakil organisasi
- pertemuan untuk membicarakan sesuatu
KD 3.9
- bertele-tele
- singkat, padat, dan jelas
- bermakna ganda
- sopan
- atas kehadiran bapak/ibu, kami mengucapkan terima kasih
- demikian penjelasan kami, semoga Bapak/Ibu/Saudara dapat menghadirinya
- demikian surat undangan ini, atas kehadirannya kami ucapkan terima kasih
- sekian surat ini, atas perhatiannya tak lupa kami mengucapkan terima kasih
- 1 Februari 2021
- 2 Februari 2021
- 3 Februari 2021
- 4 Februari 2021
- seluruh siswa SD Bahagia
- semua teman Aldebaran
- siswa kelas 4 SD Bahagia
- siswa kelas 5 SD Bahagia
- identitas penulis surat
- nomor surat
- salam pembuka
- tanggal penulisan surat
- Losari, 12 Maret 2021
- Losari: 12 Maret 2021
- losari, 12 maret 2021
- Losari 12 Maret 2021
- alamat yang dituju
- isi surat
- kepala surat
- salam pembuka
Posting Komentar untuk "35 Soal dan Jawaban Ujian SD Kelas 5 PTS Indonesia Semester 2"